https://www.fapjunk.com

Exclusive Content:

Bangun Habit Investasi, 5 Tips Membentuk Kebiasaannya

Membangun kebiasaan atau habit baik akan berdampak baik pula untuk masa depan. Tidak terkecuali kebiasaan Anda untuk berinvestasi yang ditujukan untuk masa depan. Berbagai macam jenis investasi dapat Anda bangun kebiasaannya, seperti misalnya investasi Reksadana Pasar Uang.

Kebiasaan atau habit berinvestasi dapat dilakukan sejak dini, karena semakin awal memulai berarti semakin baik. Pada pembahasan kali ini, Anda akan mengetahui beberapa tips untuk membentuk habit dalam berinvestasi, khususnya investasi jenis Reksadana. Tujuannya agar Anda dapat lebih mudah membangun habit baik demi masa depan keuangan Anda.

5 Tips Membentuk Habit Investasi Reksadana

Sebelum membahas mengenai tips dan trik membangun habit berinvestasi Reksadana, ada baiknya jika Anda mengetahui secara jelas apa itu Reksadana Pasar Uang. Reksadana jenis Pasar Uang merupakan salah satu jenis investasi Reksadana yang mana portofolionya memiliki instrumen aset yang berjangka pendek.

Biasanya, Reksadana jenis satu ini berisi aset yang jatuh tempo kurang dari satu tahun, berisiko rendah dan tentu berkualitas tinggi. Alasannya, karena aktiva Reksadana jenis Pasar Uang lebih mudah untuk dicairkan. Tidak heran jika Reksadana jenis satu ini diminati oleh investor-investor muda yang mulai membentuk habit berinvestasi.

Untuk Anda yang tertarik untuk membentuk habit berinvestasi dan dimulai dari jenis Reksadana jenis Pasar Uang, terdapat beberapa tips jitu untuk mempermudah Anda. Tips-tips jitu tersebut dapat Anda simak dalam pembahasan di bawah ini:

1. Memahami Dasar Pentingnya Investasi

Hal pertama yang perlu Anda bentuk atau build dari awal adalah pemahaman mengenai dasar pentingnya sebuah investasi. Tidak hanya dasar-dasar pentingnya berinvestasi, Anda juga perlu paham betul mengenai tujuan Anda berinvestasi. Jika kedua aspek ini dapat terpenuhi, maka Anda sudah siap untuk mulai membentuk suatu habit berinvestasi.

Saat dijabarkan, pemahaman mengenai tujuan investasi dapat Anda kaitkan dengan kebutuhan-kebutuhan Anda. Misal, tujuan berinvestasi untuk memiliki aset ketika pensiun. Maka, Anda sudah harus memikirkan jumlah nominal, jangka waktu dan jenis investasi yang akan dipilih.

2. Memulai dari Nominal Kecil

Kata siapa jika memulai habit berinvestasi harus dengan nominal atau modal yang besar? Membangun sebuah habit diawali dengan nominal paling kecil terlebih dahulu. Hal utama yang harus dan wajib ditekankan adalah “membiasakan diri”, untuk berinvestasi.

Misal, Anda memilih jenis investasi Reksadana untuk memulai habit berinvestasi. Anda dapat mencari Reksadana yang jumlah minimal investasinya sangat fleksibel. Terbukti jika memulai kebiasaan berinvestasi tidak selalu membutuhkan modal atau nominal yang tinggi.

3. Bergabung dalam Suatu Komunitas

Tidak dapat dipungkiri, di dalam membentuk suatu kebiasaan pasti terdapat rasa malas ataupun kesalahan yang mengakibatkan terganggunya pola habit tersebut. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, baiknya Anda dapat bergabung ke dalam suatu komunitas yang di dalamnya berisi para investor.

Tujuan untuk bergabung di dalam suatu komunitas investasi adalah agar Anda dapat termotivasi dan berkomitmen dalam membantu kebiasaan berinvestasi ini. Misal, Anda bergabung di dalam komunitas Reksadana Pasar Uang, maka pastikan di dalamnya Anda menemukan insight atau pengalaman baru tentang cara berinvestasi jenis Reksadana yang benar dan menguntungkan.

4. Menunda Berinvestasi Itu Tidak Baik

Tips berikutnya adalah harus memahami dan tanamkan pada mindset jika menunda-nunda investasi itu tidak baik. Mulailah berinvestasi sekarang dan jangan banyak mengumpulkan berbagai alasan yang hanya akan menunda Anda untuk memulai habit berinvestasi.

Anda dapat memulai untuk menentukan target dan meletakkannya di tempat-tempat yang dapat sekiranya Anda ingat. Intinya, jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari karena tidak memulai berinvestasi sejak dini.

5. Bersabar dan Konsisten

Tips terakhir merupakan tips yang paling banyak dibutuhkan oleh para investor yang ingin mengembangkan habit berinvestasi, yaitu sabar dan konsisten. Kedua sikap tersebut memang terlihat mudah secara konsep. 

Namun, di dalam prakteknya tentu sulit sekali karena banyak para investor yang ingin mengembangkan habit berinvestasi hanya ingin jalan pintas atau shortcut untuk mendapatkan uang banyak.

Padahal, inti utama dari investasi adalah konsisten dan bersabar. Terlebih lagi ketika berinvestasi jenis Reksadana. Dibutuhkan waktu paling minimal 1 tahun hingga bertahun-tahun untuk dapat merasakan keuntungannya. Maka dari itu, Anda perlu bersabar dan terus konsisten dalam memulai habit berinvestasi ini.

Mulai Habit Berinvestasi! Pilih Reksadana Pasar Uang 

Pilihan tepat bagi Anda yang ingin memulai habit berinvestasi, DBS Treasures bisa Anda andalkan. Seperti yang sudah dijelaskan secara singkat sebelumnya bahwa Reksadana merupakan tempat pengelolaan dana bagi investor pemula maupun profesional.

Reksadana dapat Anda manfaatkan sebagai wadah memulai habit berinvestasi. Salah satu keuntungan investasi jenis Reksadana adalah adanya pengawasan dari pemerintah, kinerja yang transparan dan manajemen investasi yang profesional. Jika Anda menjadi Nasabah perbankan prioritas DBS Treasures, ada beberapa keunggulan yang Anda dapatkan adalah sebagai berikut:

  • Pengelolaan investasi dari pihak profesional yaitu oleh Manajer Investasi profesional, sehingga kinerja produk semakin optimal.
  • Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan atau insight tentang analisa pasar serta peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko Anda, sehingga Anda dapat yakin mengambil keputusan di momentum tepat.
  • Mengurangi risiko melalui diversifikasi penyebaran dana Anda ke berbagai jenis aset.
  • Kemudahan transaksi via Aplikasi digibank by DBS. Beli, jual, switching dan bahkan proses registrasi SID (Single Investor Identification)

Kesimpulannya, ketika memulai habit berinvestasi, Anda perlu mengetahui tujuan dan mempersiapkan mindset yang cukup baik. Reksadana Pasar Uang dari DBS Treasures menjadi pilihan aman bagi Anda yang ingin memulai berinvestasi. Untuk informasi lebih lanjut mengenai investasi Reksadana di DBS Treasures dapat ditemukan pada link berikut https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/apa-itu-Reksadana-dan-saham

Latest

Mengenal Waterproofing Berbahan Dasar Semen, Ini Kelebihannya!

Waterproofing semen menjadi jenis pelapis kedap air andalan untuk...

Putri Duyung Ancol, Cottage Terbaik di Jakarta

Tak perlu bingung mencari tempat wisata di Jakarta karena...

5 Keuntungan Melakukan Resepsi di Gedung Pernikahan

Bagi pasangan yang akan menikah, Salah satu hal yang...

Ini Dia Berbagai Manfaat Menggunakan Jasa Instruktur Gym

Keberhasilan dari olahraga yang Anda lakukan mempunyai banyak faktor...

Newsletter

spot_img

Don't miss

Mengenal Waterproofing Berbahan Dasar Semen, Ini Kelebihannya!

Waterproofing semen menjadi jenis pelapis kedap air andalan untuk...

Putri Duyung Ancol, Cottage Terbaik di Jakarta

Tak perlu bingung mencari tempat wisata di Jakarta karena...

5 Keuntungan Melakukan Resepsi di Gedung Pernikahan

Bagi pasangan yang akan menikah, Salah satu hal yang...

Ini Dia Berbagai Manfaat Menggunakan Jasa Instruktur Gym

Keberhasilan dari olahraga yang Anda lakukan mempunyai banyak faktor...

Menjanjikan! Ini 7 Tips Kembangkan Bisnis Tour & Travel

Kredit tanpa agunan dapat mendukung kita mengembangkan usaha, salah...

Mengenal Waterproofing Berbahan Dasar Semen, Ini Kelebihannya!

Waterproofing semen menjadi jenis pelapis kedap air andalan untuk mengatasi kebocoran pada area seperti kolam renang, kamar mandi, hingga kolam ikan yang basah dan...

Putri Duyung Ancol, Cottage Terbaik di Jakarta

Tak perlu bingung mencari tempat wisata di Jakarta karena bisa mendatangi Putri Duyung Ancol, tak perlu ragu dengan fasilitas yang diberikan karena menjadi cottage...

5 Keuntungan Melakukan Resepsi di Gedung Pernikahan

Bagi pasangan yang akan menikah, Salah satu hal yang akan sangat dipertimbangkan adalah mengenai lokasi resepsi pernikahan. Banyak juga yang lebih memilih untuk melakukan...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini